Sejarah CU Sawiran

Gagasan mendirikan Koperasi Kredit CUSawiran Jawa Timur berawal dari sebuah pemikiran Pastor Willy Malim Batuah, CDD untuk mengembangkan masyarakat wilayah Nongkojajar menjadi lebih baik, karena wilayah dan masyarakatnya memiliki potensi luar biasa.

Saat itu yang pekerjaan dilakukan oleh masyarakat setempat hanya bertumpu pada peternakan sapi dan bertanam di kebun. Dan tentu saja hasilnya belum optimal dan masih bisa dioptimalkan karena kondisi geografis yang luar biasa.

Romo Willy Batuah, CDD dalam acara HUT CU Sawiran ke 28.

Beliau melihat kebutuhan Indonesia akan tanaman bunga sungguh sangat luar biasa dan daerah Nongkojajar memiliki ketinggian yang sempurna untuk bertanam bunga terutama krisan, udara yang sejuk dan memiliki kandungan sulfur sebagai pestisida alami dan ketersediaan air yang melimpah.

Suasana pedesaan di kawasan Bromo – Tengger .

Dilatarbelakangi ingin memberikan modal yang dikumpulkan bersama untuk mendukung usaha yang dilakukan dan keprihatinan karena melihat banyaknya masyarakat miskin di sekitar Dusun Sawiran Kec. Purwodadi Pasuruan yang dalam kehidupan kesehariannya terjerat oleh praktek lintah darat, Pastor Willy Malim Batuah, CDD tergugah dan mencoba mencarikan solusi untuk merubah kondisi ekonomi mereka dengan mendirikan Koperasi Karyawan Rumah Retret Sawiran yang selanjutnya berkembang menjadi CU Sawiran.

Sejarah & Visi Misi CU Sawiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *