Banyak usaha, banyak manfaat yang didapatkan

Dalam menjalani dunia usaha, setiap orang harus bisa fleksibel dan berinovasi untuk menjawab kebutuhan dan tren yang ada di masyarakat. Selain untuk mengembangkan usaha, hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar usaha yang dijalankan bisa berkesinambungan. Hal inilah yang dilakukan oleh Ibu Naning Wilujeng salah satu anggota CU Sawiran, yang saat ini juga menjabat sebagai Bendahara CU Sawiran.

Pertama kali memulai usaha, Ibu Naning Wilujeng mencoba berternak ulat, sambil menjalankan usaha penjualan daging ayam. Namun dengan kepindahan tempat tinggal, usaha ternak ulat ditinggalkan dan diganti dengan mengembangkan usaha bebek, pembuatan bumbu pecel dan frozen food dimana frozen food ini merupakan pengembangan usaha dari perdagangan ayam yang telah dimiliki Ibu Naning.

“Dalam hidup saya ingin membantu banyak orang, sehingga saya mengembangkan banyak usaha agar banyak orang bisa merasakan manfaat atas kehadiran saya. Terutama ibu-ibu di sekitar rumah, yang tidak memiliki aktifitas di siang hari”

-naning wilujeng-

Memiliki banyak usaha, tidak hanya menguntungkan secara finansial. Banyak keuntungan lain yang didapatkan. “Dengan memiliki banyak usaha, kita akan memiliki banyak relasi dan tentu saja semakin banyak relasi maka kita akan bisa melihat banyak kebutuhan untuk dapat kita penuhi.” ungkap Ibu Naning. “Dan cita-cita saya adalah mewariskan usaha untuk anak, semakin banyak usaha maka semakin banyak peluang untuk mewariskan kepada anak. Karena saat satu usaha tidak jalan, kita masih bisa berharap pada usaha yang lain” lanjut Ibu Naning.

Tentu saja untuk membangun usaha dan mempertahankannya tidak mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dibagikan Ibu Naning yang bisa anda gunakan. Yang pertama sukai perkerjaan anda, hal ini akan membuat anda dapat melakukan pekerjaan tersebut tanpa beban. Yang kedua, jangan mengharapkan hasil dahulu, ikuti prosesnya agar anda tidak menanggung beban terlalu berat. Yang ketiga, usahakan agar usaha yang anda bangun memberikan manfaat untuk sesama. “Dan jangan lupa, sisakan sebagian keuntungan untuk tabungan agar kita tidak sengsara di masa tua.”pungkas Ibu Naning.

Terima kasih Ibu Naning, semoga inspirasi yang diberikan memberikan pandangan baru dalam membuat dan mengembangkan usaha. Salam.